Struktur Aljabar merupakan materi tentang matematika abstrak, lebih banyak belajar tentang konsep abstrak, fakta serta prinsip yang saling berkaitan. Adapun pokok bahasan yang akan dibahas dalam matakuliah ini adalah himpunan, relasi, pemetaan, sistem matematika, grup, subgrup, grup siklik, grup permutasi, koset, teorema lagrange, subgrup normal, grup faktor, homomorfisma, dan isomorfisma.


Mata kuliah kurikulum dan pembelajaran ini  merupakan mata kuliah yang berisi tentang Konsep Dasar dan Pengertian Kurikulum, Dimensi, Peranan dan Fungsi Kurikulum, Komponen-Komponen Kurikulum, Landasan, Prinsip-Prinsip dan Proses Pengembangan Kurikulum, Model-Model Pengembangan Kurikulum, KBK, KTSP, K13, Konsep Dasar dan Pengertian Pembelajaran, Landasan dan Prinsip Pembelajaran, Pendekatan,Strategi dan Model Pembelajaran, Pengembangan Silabus dan RPP dalam Pembelajaran serta Evaluasi Kurikulum dan Pembelajaran

Mata kuliah matematika diskrit  merupakan mata kuliah yang membahas konsep dasar objek matematika yang bersifat diskrit, dalam arti elemen-elemen yang bebeda atau elemen-elemen yang tidak berhubungan. Beberapa hal yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah  logika, Teori Himpunan, kombinatorial, Aljabar Boolean, teori graf dan pohon.

Mata kuliah media pembelajaran matematika berbasis ICT merupakan mata kuliah yang berisi konsep media dan konsep alat peraga, yang meliputi materi : konsep media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika, alat peraga berbasis konsep luas, alat peraga berbasis konsep panjang, alat peraga berbasis konsep volume, alat peraga berbasis konsep pengukuran, alat peraga berbasis konsep geometri, alat peraga berbasis permainan, media pembelajaran berbasis power point dan media pembelajaran berbasis web.


Mata kuliah media pembelajaran matematika berbasis ICT merupakan mata kuliah yang berisi konsep media dan konsep alat peraga, yang meliputi materi : konsep media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika, alat peraga berbasis konsep luas, alat peraga berbasis konsep panjang, alat peraga berbasis konsep volume, alat peraga berbasis konsep pengukuran, alat peraga berbasis konsep geometri, alat peraga berbasis permainan, media pembelajaran berbasis power point dan media pembelajaran berbasis web.


Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep statistik urutan, distribusi pendekatan, penaksiran parameter, penaksiran interval, pengujian hipotesis, sehingga mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal dalam statistika inferensial secara teoritis. Lingkup materi dalam perkuliahan ini adalah: Statistik urutan ( Distribusi gabungan statistik urutan, Distribusi Marginal dari statistik urutan), Penaksiran parameter (macam-macam Penaksiran: Sifat-sifat penaksir : Tak Bias, Bervariasi Minimum, Batas Bawah Cramer-Rao, konsisten, penaksiran interval ( Taksiran Interval : Rataan, Varians, Proporsi, Selisih Dua Rataan, Selisih Dua Proporsi, Secara Umum), Pengujian Hipotesis ( Kuasa Pengujian, Daerah Kritis terbaik, Uji Paling Kuasa Secara Seragam, Pengujian Perbandingan Kemungkinan).

Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis ICT merupakan mata kuliah yang mengintegrasikan model pembelajaran/pendekatan/strategi ataupun metode dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti macromedia flash, ataupun aplikasi atau program lainnya