Mata kuliah ini menjelaskan prinsip dan penggunaan teknologi pangan dalam penyimpanan bahan mentah dan produksi produk pangan.  Selain itu mempelajari prinsip dan penggunaan teknologi pangan dalam food service.

Praktikum Dasar Komunikasi merupakan praktek komunikasi yang akan dilakukan oleh mahasiswa baik secara individu maupun kelompok.  Mahasiswa juga diharapkan mahir untuk berkomunikasi baik komunikasi interpersonal dan komunikasi menggunakan media komunikasi.

Praktikum Konsultasi Gizi merupakan perwujudan dari mata kuliah Konsultasi Gizi.  Pada praktikum ini mahasiswa akan melakukan tahapan-tahapan untuk menjadi seorang konsultan gizi.  

Praktikum Pengembangan Media Komunikasi merupakan perwujudan dari mata kuliah Pengembangan Media Komunikasi.  Pada praktikum ini mahasiswa akan belajar bagaimana membuat media komunikasi sesuai dengan target grup berdasarkan hasil riset jurnal.

Mata kuliah Analisa Zat Gizi pangan akan membahas mengenai komponen kimia zat gizi, komponen lain dalam makanan, prinsip dan cara analisa zat gizi, zat non gizi dan zat anti gizi. Mahasiswa akan mempraktekan analisa zat gizi pangan baik secara kualitatif maupun kuantitatif.