Mata kuliah Bahan Bangunan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program strata 1 Teknik Sipil di semester 1. Mata kuliah ini mencakup penjelasan tentang bahan bangunan Teknik Sipil, teknologi beton, bahan penyusun dan sifat-sifat beton, perancangan dan pengujian mutu beton, perkembangan mutakhir teknologi beton, besi dan baja, kayu, dan aspal. Diharapkan dengan pemahaman akan mata kuliah ini dapat bermanfaat langsung saat terjun kedunia pekerjaan kesipilan.

Mata kuliah Mekanika Rekayasa I merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program strata 1 Teknik Sipil di semester 1. Mata kuliah ini mencakup konsep-konsep gaya dan sifat-sifat dasar sistem gaya, konsep kesetimbangan statis dan persamaan kesetimbangan, menghitung reaksi perletakan berbagai jenis struktur statis tertentu akibat berbagai kombinasi gaya luar (beban), dan menghitung serta menggambarkan diagram gaya-gaya dalam pada struktur balok dan portal statis tertentu akibat berbagai kombinasi gaya luar. Penguasaan mahasiswa pada mata kuliah ini akan sangat membantu dalam penguasaan mata kuliah mekanika rekayasa selanjutnya, mata kuliah yang berhubungan dan juga bermanfaat langsung saat terjun kedunia pekerjaan kesipilan.

Mata kuliah Menggambar Rekayasa I merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program strata 1 Teknik Sipil di semester 1. Mata kuliah ini mencakup penjelasan tentang memvisualisasikan objek teknik sipil dan menginterpretasikan gambar teknik sipil, mampu membangun engineering feeling dalam pribadi, serta mampu bekerja sama dalam tim multidisiplinMemvisualisaskan objek sipil dan menginterpretasikan gambar teknik sipil merupakan sesuatu yang wajib dikuasai karena digunakan dalam kegiatan teknik sipil. Mata kuliah ini juga diharapkan mampu membantu mahasiswa membangun engineering feeling serta dapat bekerja dalam tim multi disiplin yang bermanfaat langsung saat terjun kedunia pekerjaan kesipilan.



Mata kuliah Pengantar Rekayasa Lalu Lintas merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program strata 1 Teknik Sipil di semester 1. Mata kuliah ini mencakup penjelasan tentang bagaimana merancang dan merekayasa lalu-lintas serta dapat mengevaluasi lalu-lintas jalan raya.