Mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak ini memberikan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa mengenai berbagai macam Process Model dalam Software Engineering seperti Waterfall Model, Prototyping Model, RAD Model, dan Evolutionary Process Models (Incremental dan Spiral Model), Analysis Modeling, Design Model, Object Oriented Analysis and Design (OOAD), Testing Strategies, dan Software Testing Method

Mata Kuliah ini diarahkan agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa dan design sistem dengan menggunakan metode berorientasi objek

Mata kuliah ini membahas berbagai analisis kebahasaan secara deskriptif, analisis kesalahan dalam penggunaan bahasa, serta pengujian validasi faktor-faktor kebahasaan

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami basis data, model data dan bagaimana membuat model data yang baik dengan   normalisasi dan menggambarkan entitas-entitas, atribut, dan key kedalam sebuah diagram menggunakan Entity Diagram Relationship (E-R Diagram).

This subject is aimed at students with little or no programming experience. It aims to provide students with an understanding of the role computation can play in solving problems. It also aims to help students, regardless of their major, to feel justifiably confident of their ability to write small programs that allow them to accomplish useful goals. The class will use the Python programming language.

Matakuliah Dasar dasar desain web

Mata kuliah Grafika Komputer terdiri dari konsep dan programming, diharapkan pada akhir kuliah ini siswa dapat menerapkan dasar perhitungan serta melakukan analisa untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan konsep-konsep Grafika Komputer.

Matakuliah ini memberikan dasar konsep dan praktis tentang interaksi manusia dan komputer, model interaksi, perancangan dan implementasi antar-muka manusia dan komputer serta penggunaan tools untuk pengembangan software interface manusia dan komputer. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai pemahaman tentang human cognition, memori manusia, penyelesaian masalah, bahasa serta apa dan bagaimana keterkaitan hal-hal tersebut dalam merancang dan mengembangkan sistem interaktif.

Mata  kuliah  ini  memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk : memahami dan membangun jaringan komputer dengan menggunakan protokol TCP/IP , memahami teknik dan penyelesaian masalah terhadap aplikasi rangkaian yang meliputi konsep, istilah dan implementasi jaringan komputer.

Mata kuliah kalkulus 2 merupakan kelanjutan dari mata kuliaj kalkulus 1, sehingga sangat dibutuhkan kemampuan penguasaan materi mata kuliah kalkulus 1.

Mata kuliah Kalkulus 1 ditujukan untuk memberikan pengetahuan terkait dasar-dasar kalkulus yang diperlukan dalam tingkat sarjana program studi Teknik Informatika dan Ilmu Komputasi. Materi yang diberikan terbagi menjadi 5 pokok bahasan yaitu(1) Fungsi real (sistem bilangan real, fungsi, limit dan kekontinuan), (2) turunan dan penerapannya, (3) integral dan penerapannya, (4) fungsi transenden, (5) teknik pengintegralan dan integral tak wajar. Dengan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep turunan dan integral fungsi satu variabel dan penerapannya dalam masalah terkait bidang informatika dan ilmu komputasi.

Merupakan Kursus Komputer sebagai salah satu persyaratan wisuda di Universitas Pahlawan. Materi meliputi Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint

MPPL adalah sebagai suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian untuk membuat perangkat lunak atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya yang tertentu pula

Matematika Diskrit merupakan ilmu dasar dalam pembelajaran Informatika, karena pada dasarnya informatika adalah kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang mengolah objek diskrit.  Matematika diskrit memberkan landasan matematis untuk mata kuliah Algoritma, Struktur data, Basis data,  jaringan komputer, keamanan computer dan sebagainya. Materi dalam Mata kuliah ini adalah Logika Proposisi, Teori Himpunan, Relasi danFungsi, Teori Graf, Tree.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari Matematika Diskrit I yang memberikan dasar dan konsep penting sebelumnya. Mata kuliah ini memberikan wahana kepada mahasiswa untuk berpikir kreatif dan menyusun penyelesaian secara verbal. Mata kuliah ini berisikan materi lanjutan dari Matematika Diskrit I, antara lain: pohon, graph berlabel, kesebidangan dan keterhubungan serta pewarnaan graph, fungsi pembangkit, deret kuasa, analisis algoritma, automata, struktur aljabar dan desain eksperimen.


Mata kuliah Matrik dan Ruang Vektor pada program studi sarjana teknik informatika membahas dasar-dasar matrik dan vektor yang berkaitan dan dapat diterapkan pada bidang informatika. Materi mata kuliah ini memberikan konsep dasar matriks dan ruang vektor serta operasi-operasi yang terkait dengannya. Materi kuliah dalam satu semester mencakup: matriks dan operasinya, invers dan determinan matriks persegi, sistem persamaan linier dan solusinya, vektor pada bidang dan ruang, basis ruang vektor, ruang hasil kali dalam, nilai, vektor, dan ruang eigen serta transformasi linier.

Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada Dasar Numerik, Model matematika, Perkembangan komputer, Angka berarti, Bilangan semu (pseudo numerik), keterbatasan komputer, Kesalahan relatif dan mutlak, Kesalahan pemotongan dan pembulatan, Perambatan kesalahan, Metode Eliminasi Gauss, Metode Gauss-Jourdan (Identitas Matriks), Metode Inversi Matriks, Metode Iterasi Gauss-Seidel, Metode tertutup, Metode terbuka, Regressi, Interpolasi, Metode Trapezoida, Metode Simpson, Metode Newton-Cotes, Metode Romberg, Metode Euler, Metode Runge-Kutta

Mata kuliah ini memuat kajian tentang Pendekatan Ilmiah, Jenis-jenis Penelitian, Masalah Penelitian, Metode-metode Penelitian dalam bidang Pendidikan, Subjek Penelitian, Instrumen Penelitian, Analisis Data dan Interpretasinya. Kegiatan perkuliahan terdiri atas beberapa bentuk, yakni: kuliah, penugasan, presentasi dan diskusi di kelas, dan seminar.


Organisasi dan Arsitektur Komputermembahas tentang struktur dan fungsi komputer. Perkembangan yang pesat dibidang komputer saat ini mengharuskan mahasiswa mengetahui konsep dasar organisasi secara menyeluruh sifat dan karakterisik sistem- sistem komputer.