Kuliah ini mengajarkan dan sejarah perkembangan dan pengenalan huruf Arab Melayu SD, Membaca dan menulis huruf Melayu SD, Pengertian, Karakteristik, dan menulis huruf Arab Melayumsecara berangkai, Kaidah Penulisan Arab Melayu SD, Huruf Vokal Arab Melayu, Serba-Serbi Hamzah dan Kaidah Penulisannya, Jenis Kosa-Kata  Arab Melayu (Hari, bulan,tahun,anggota badan, benda hidup dan mati, dan seterusnya), Kata ganti subyek dan obyek dalam kaliamt, Kata sifat dan penggunaannya dalam susunan kata, Trik membaca dan menulis Arab Melayu SD, Pantun dan syair dalam penulisan Arab Melayu SD, Cerita Melayu dalam Penulisan Arab Melayu SD, Praktek membuat karangan dalam bahasa Arab Melayu SD.

Kuliah ini mengajarkan dan sejarah perkembangan dan pengenalan huruf Arab Melayu SD, Membaca dan menulis huruf Melayu SD, Pengertian, Karakteristik, dan menulis huruf Arab Melayumsecara berangkai, Kaidah Penulisan Arab Melayu SD, Huruf Vokal Arab Melayu, Serba-Serbi Hamzah dan Kaidah Penulisannya, Jenis Kosa-Kata  Arab Melayu (Hari, bulan,tahun,anggota badan, benda hidup dan mati, dan seterusnya), Kata ganti subyek dan obyek dalam kaliamt, Kata sifat dan penggunaannya dalam susunan kata, Trik membaca dan menulis Arab Melayu SD, Pantun dan syair dalam penulisan Arab Melayu SD, Cerita Melayu dalam Penulisan Arab Melayu SD, Praktek membuat karangan dalam bahasa Arab Melayu SD.

Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskriptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun nondesain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.


Kuliah ini mengajarkan dan melatih, prinsip-prinsip manajemen dan disiplin kelas pendekatan manajemen kelas, pengaturan kondisi dan fasilitas kelas, faktor-faktor yang menimbilkan gangguan disiplin kelas, jenis gangguan dan teknik menangani gangguan disiplin kelas, pencegahan gangguan disiplin kelas, dan latihan melaksanakan manajemen kelas dan menangani gangguan disiplin kelas.

Kuliah ini mengajarkan dan melatih, prinsip-prinsip manajemen dan disiplin kelas pendekatan manajemen kelas, pengaturan kondisi dan fasilitas kelas, faktor-faktor yang menimbilkan gangguan disiplin kelas, jenis gangguan dan teknik menangani gangguan disiplin kelas, pencegahan gangguan disiplin kelas, dan latihan melaksanakan manajemen kelas dan menangani gangguan disiplin kelas.

Kuliah ini mengajarkan dan melatih, prinsip-prinsip manajemen dan disiplin kelas pendekatan manajemen kelas, pengaturan kondisi dan fasilitas kelas, faktor-faktor yang menimbilkan gangguan disiplin kelas, jenis gangguan dan teknik menangani gangguan disiplin kelas, pencegahan gangguan disiplin kelas, dan latihan melaksanakan manajemen kelas dan menangani gangguan disiplin kelas.

Mahasiswa menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan materi matematika kelas tinggi yakni  kemampuan matematis, cara pembelajaran matematika di SD  serta terampil dalam membawakan pembelajaran dengan segala metode dan strategi dilengkapi dengan medianya  di  Sekolah Dasar/ MI terutama dalam  pembelajaran matematika di kelas tinggi. Serta dapat mengembangakn bahan ajar dan lembar kerja /soal siswa sendiri.


Dosen Pengampu : Fadhilaturrahmi, M.Pd
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester Genap TA. 2019/2020


Mahasiswa menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan materi matematika kelas tinggi yakni  kemampuan matematis, cara pembelajaran matematika di SD  serta terampil dalam membawakan pembelajaran dengan segala metode dan strategi dilengkapi dengan medianya  di  Sekolah Dasar/ MI terutama dalam  pembelajaran matematika di kelas tinggi. Serta dapat mengembangakn bahan ajar dan lembar kerja /soal siswa sendiri.


Dosen Pengampu : Fadhilaturrahmi, M.Pd
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester Genap TA. 2019/2020


Mahasiswa menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan materi matematika kelas tinggi yakni  kemampuan matematis, cara pembelajaran matematika di SD  serta terampil dalam membawakan pembelajaran dengan segala metode dan strategi dilengkapi dengan medianya  di  Sekolah Dasar/ MI terutama dalam  pembelajaran matematika di kelas tinggi serta dapat mengembangakan bahan ajar dan lembar kerja /soal siswa sendiri.

Dosen Pengampu : Fadhilaturrahmi, M.Pd
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester Genap TA. 2019/2020


Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar Kelas Tinggi merupakan metode atau pengajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar Kelas Tinggi fokus membahas tentang strategi pembelajaran kelas tinggi dan bagaimana cara bahasa lisan dan tertulis di kelas tinggi yaitu Keterampilan berbahasa (berbahasa anak) menyimak, berbicara, membaca, dan menulis (MMP), membuat RPP kelas 4,5,6 dan melaksanakan pengajaran (simulasi) menyimak, membaca, dan menulis MMP di Sekolah Dasar.