mata kuliah ini membahas teori dan keterampilan mengajar, sehingga mahasiswa memiliki bekal yang utuh untuk menjadi tenaga pengajar yang profesional

Mata kuliah ini membahas tentang landasan dasar pendidikan anak berkebutuhan khusus, sejarah perkembangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, ruang lingkup pendidikan anak berkebutuhan khusus, layanan pendidikan anak berkebutuhan  khusus.


RPS Pendidikan Inklusi.docRPS Pendidikan Inklusi.doc
Model-model pembelajaran IPA membahas tentang hakikat model, pendekatan, metode, strategi, teknik dan taktik pembelajaran yang berhubungan dengan pembelajaran IPA di SD. Telaah materi yang terkait dengan kurikulum di SD, serta mampu merancang perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran IPA di SD melalui penerapan berbagai model-model pembelajaran dan simulasi mengajar IPA di SD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip dasar pembelajaran IPA di SD yang berhubungan dengan model-model pembelajaran IPA di SD, serta mampu merancang perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran IPA di SD melalui penerapan berbagai model-model pembelajaran dan simulasi mengajar IPA dI SD.
Mata kuliah ini berisikan materi tentang konsep dan aplikasi pendidikan karakter. Oleh sebab itu, materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah termasuk di dalamnya bagaimana upaya mengembangkan karakter mahasiswa. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) konsep dasar karakter dan pendidikan karakter, (2) perspektif umum tentang karakter dan pendidikan karakter (3) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah, (4) menciptakan ruang kelas berkarakter, (5) mengembangkan potensi karakter peserta didik, (6) menciptakan proses pembelajaran berbasis karakter, (7) menciptakan keluarga berkarakter (8) menciptakan masyarakat berkarakter, (9) memahami pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter disekolah dasar melalui hasil observasi di SD dan mendiskusikannya. Setelah mengikuti perkuliahan ini , mahasiswa diharapkan mampu memiliki kompetensi : (1) Konsep dasar karakter, (2) Perspektif umum tentang karakter dan pendidikan karater , (3) konsep dasar dan pola pengembangan pendidikan karakter di sekolah, (4) Menciptakan ruang kelas yang berkarakter yakni membangun ikatan dan model karakter; guru sebagai model karakter. (5) mengembangkan potensi karakter peserta didik, (6) Menciptakan keluarga berkarakter, (7) menciptaakan masyarakat berkarakter, (8) pelaksanaan pendidikan karakter di Sekolah Dasar tentang karakter religious, karakter jujur, rasa hormat dan kepedulian, kedisiplinan dantanggung jawab, serta patriotism dan nasionalisme. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami isu terbaru dalam bidang pembelajaran di SD khususnya tentang pendidikan karakter sehingga kelak mampu bekerja di lingkungan pesekolahan dengan baik dan berkarakter serta mampu membina karakter siswa.

Melalui mata kuliah microteaching ini diharapkan dapat menguasai materi/teori tentang keterampilan dasar mengajar, mampu mempraktekkan 8 keterampilan dasar mengajar dan keterampilan pendukung abad 21 serta mengimplementasikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik di SD.

Dosen Pengampu : Fadhilaturrahmi, M.Pd
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester Genap TA. 2019/2020